Sabtu, 18 September 2010

Tips Persiapan pra-kehamilan


kehamilan merupakan anugerah terindah dari Tuhan yang maha kuasa, dimana seorang wanita mendapat kepercayaan untuk mengandung dan melahirkan ciptaanNya yang luar biasa.
Untuk itu ada baiknya para wanita menjaga kehamilannya, persiapan pun bisa dimulai jauh jauh hari dari sebelum merencanakan kehamilan agar setelah hamil para ibu dalam kondisi sehat. Sembilan bulan bukanlah waktu yang singkat, selain persiapan fisik dan mental calon ibu pun sangat perlu dukungan suami.
  •  Pastikan kondisi fisik sehat ya..kebutuhan nutrisi dan gizi harus seimbang, usahakan berolahraga setiap harinya, olahraga ringan saja namun teratur.
  • Makanlah makanan yang sehat dengan nutrisi seimbang. perbanyak makan sayuran dan rendah lemak. hindari melakukan diet ketat.
  • Pastikan tunuh mendapat istirahat yang cukup dengan tidur teratur.
  • Mengkonsumsi asam folat. Asam folat dapat menurunkan angka kecacatan pada bayi. Ibu bisa mengkonsumsi 0,5 mg perhari selama kurang lebih 3 bulan sebelum kehamilan dan dapat dilanjutkan sampai masa kehamilan.
  • Menghentikan kebiasaan merokok sebelum dan selama kehamilan, termasuk menjadi perokok pasif. kurangi juga penggunaan cafein dan hentikan kebiasaan meminum alkohol dan narkoba.
  • Lakukan konseling atau pemeriksaan lebih lanjut dengan tenaga kesehatan. Dokter atau bidan akan menjelaskan obat-obatan yang tidak boleh dikonsumsi.
  • Pemeriksaan laboratorium yang dapat dlakukan antaralain pemeriksaan darah lengkap, golongan darah, titer virus Rubella, Hepatitis B, Pap smear, dan toksoplasmosis.
Semoga bermanfaat...

2 komentar:

G-Phi mengatakan...

Congrat bwt postingan pertamaNa unnie.. ^^

Ekasetyapoo mengatakan...

sama-sama unnie....
huffff...akhirnya ^^