Sabtu, 09 Oktober 2010

Vaksin TT Pra-nikah???? siapa takut

Suntik Vaksin Tetanus Toxoid (TT) Pra-nikah.....
Pasti banyak yang sudah pernah mendengarnya bahkan mengetahuinya, tapi engga sedikit juga yang belum mengetahui kalau suntik TT merupakan aturan resmi yang ditetapkan pemerintah bahkan sejak tahun1986. "Ini adalah program jangka panjang yang ditetapkan pemerintah untuk memberantas tetanus," kata Dr. Siti Salima, Sp.OG, ahli kandungan dari RS Pantai Indah Kapuk, Jakarta.
Di tahun 1980-an, tetanus menduduki peringkat teratas sebagai penyebab kematian bayi berusia di bawah satu bulan. Meskipun kini kasus serupa itu sudah menurun, ancamannya masih ada, sehingga perlu diwaspadai.Dijelaskan Dr. Siti, tetanus yang menyerang bayi baru lahir, istilahnya tetanus neonatorum, disebabkan basil Clostridium tetani. Penyakit ini menular dan menimbulkan risiko kematian sangat tinggi, nyaris mencapai 100 persen!

"Vaksinasi tetanus pada perempuan yang hendak menikah akan meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi tetanus. Kekebalan tubuh itu akan 'diwariskan' kepada bayinya ketika proses persalinan. Jadi bayi yang baru lahir aman dari infeksi tetanus. Selain itu suntik TT juga mencegah terjadinya infeksi yang mengakibatan tetanus pada  vagina perempuan ketika pertama kali melakukan hubungan suami istri dan melahirkan.

Sebenarnya target pemberian vaksin TT ini bukan hanya wanita yang akan menikah, tapi juga wanita usia subur. Waktu yang tepat untuk mendapatkan vaksin TT sekitar dua hingga enam bulan sebelum pernikahan. "Ini diperlukan agar tubuh memiliki waktu untuk membentuk antibodi," sebut Dr. Dwiana.

Sejak tahun 1989 WHO sudah menargetkan untuk membasmi tetanus di 161 negara berkembang. Hingga 1999, sudah 104 negara yang mencapai keberhasilan tersebut, meski infeksi tetanus masih jadi masalah di 57 negara berkembang lainnya. Dr. Dwiana menyarankan agar calon pengantin perempuan segera mendapatkan vaksinasi tetanus. "Tidak ada ruginya, kok. Lagipula, harganya tidak mahal," ucapnya.

Bagaimana dengan calon pengantin pria? Vaksin TT bisa diberikan pada pria dewasa untuk melindungi si pria dari bahaya tetanus, tak ada kaitannya dengan pencegahan infeksi tetanus pada bayi.


cre : kesehatankompas, detikhealth

1 komentar:

fei mengatakan...

thanks ya infonya...baru tau selama ini kalo ada vaksinasi buat pasutri... :)